Google Search Ads dan Google Display Ads adalah dua platform iklan yang berbeda yang ditawarkan oleh Google. Google Search Ads adalah jenis iklan yang muncul di halaman hasil pencarian Google. Iklan ini muncul di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian, dengan label “Iklan” yang terlihat. Iklan ini disesuaikan dengan kata kunci yang diatur oleh pengiklan, yang berarti iklan tersebut akan muncul ketika pengguna mencari kata kunci yang relevan dengan iklan tersebut. Google Search Ads sangat efektif dalam menargetkan pengguna yang sedang mencari produk atau layanan tertentu, karena iklan ini muncul tepat di saat mereka melakukan pencarian terkait.

Google Display Ads, di sisi lain, adalah jenis iklan yang muncul di berbagai situs web yang merupakan bagian dari jaringan iklan Google. Iklan ini muncul dalam berbagai format, seperti banner, gambar, video, dan teks, di situs web yang terkait dengan audiens yang ditargetkan oleh pengiklan. Google Display Ads memungkinkan pengiklan untuk menjangkau audiens potensial melalui berbagai situs web yang ada di jaringan iklan Google, dengan menggunakan kriteria seperti demografi, minat, dan perilaku pengguna. Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian pengguna saat mereka menjelajahi situs web dan aplikasi yang berbeda. Google Search Ads dan Google Display Ads memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam kampanye iklan digital. Berikut adalah penjelasan tentang fungsi masing-masing platform:

1. Google Search Ads :

  • Menjangkau calon pelanggan yang sedang mencari produk atau layanan. Google Search Ads memungkinkan Anda menampilkan iklan tepat pada saat pengguna sedang mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Ini membantu Anda menjangkau calon pelanggan yang sudah memiliki minat atau niat untuk membeli produk atau layanan Anda.
  • Meningkatkan visibilitas. Dengan menampilkan iklan di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian, Google Search Ads membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari terbesar. Iklan ini memungkinkan Anda tampil di depan pesaing dan memperoleh lebih banyak klik dari pengguna yang mencari informasi terkait dengan bisnis Anda.

 

2. Google Display Ads:

  • Meningkatkan kesadaran merek. Google Display Ads memungkinkan Anda menampilkan iklan berupa banner, gambar, video, atau teks di berbagai situs web yang menjadi bagian dari jaringan iklan Google. Ini membantu meningkatkan kesadaran merek Anda dengan menampilkan iklan Anda kepada pengguna yang sedang menjelajahi situs web yang relevan dengan minat mereka.
  • Menjangkau audiens yang lebih luas. Dibandingkan dengan Google Search Ads yang hanya menargetkan pengguna yang melakukan pencarian tertentu, Google Display Ads memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas dengan menggunakan kriteria seperti demografi, minat, dan perilaku pengguna. Ini membantu Anda menjangkau potensial pelanggan di berbagai situs web yang relevan.
  • Meningkatkan retargeting. Google Display Ads juga dapat digunakan untuk retargeting, yaitu menampilkan iklan kepada pengguna yang telah mengunjungi situs web Anda sebelumnya. Ini membantu Anda mempertahankan minat pengguna yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis Anda dan meningkatkan peluang konversi.

Dalam rangka memaksimalkan kampanye iklan digital, seringkali strategi yang efektif adalah menggunakan kombinasi Google Search Ads dan Google Display Ads untuk mencapai tujuan bisnis yang berbeda. Jadi, perbedaan utama antara Google Search Ads dan Google Display Ads adalah di mana iklan tersebut muncul. Google Search Ads muncul di halaman hasil pencarian Google ketika pengguna mencari kata kunci tertentu, sementara Google Display Ads muncul di berbagai situs web yang merupakan bagian dari jaringan iklan Google.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *